Lukisan Tak Berdebu

Alunan dentingan piano yang singkat itu kembali mengisi kekosongan malam.  Suaranya begitu nyaring dan mampu membangunkan bulu kuduk siapa pun yang mendengarnya. Itu sering terjadi setiap malam. Entah siapa yang memainkannya. Kami sekeluarga pun tidak  tahu.

Rumah yang baru kami tempati ini memang agak sedikit aneh. Bahkan para tetangga pun sering bertanya mengapa kami mau duduk di rumah yang angker ini.  Awalnya  biasa saja. Memang sekilas terlihat angker, namun aku sangat menyukai arsitektur rumah ini. Ada ukiran yang berbau Mesir yang dapat dijumpai hampir di setiap sudut rumah. Lagi pula aku bukan tipe penakut.


Aku masih ingat saat pertama kali Ayah mengajakku melihat rumah ini sebelum akhirnya ia memutuskan untuk membawa kami sekeluarga tinggal di sini. Benar-benar rumah yang tidak terawat. Rerumputan dan pohon-pohon kecil tumbuh liar mengelilingi rumah. Atap rumah banyak yang bocor. Kaca jendela banyak yang sudah pecah. Dan masih banyak lagi kerusakan-kerusakan lainnya. Wajar saja harganya sangat murah.

 Namun dengan sedikit perombakan, rumah ini seolah disulap menjadi  rumah yang megah. Aku sangat menyukainya. Ayah dan Ibu pun juga senang ketika melihatku memuji-muji bangunan yang ada di hadapan kami itu. Mereka hanya memikirkan kesenangan dan kebahagiaanku. Maklum saja, Sejak kembaranku meninggal beberapa tahun yang lalu akibat dibunuh orang tidak dikenal, aku sudah menjadi  anak tunggal.

Memasuki bulan kedua, aku mulai risih dengan suara-suara aneh yang sering kudengar hampir setiap malam. Bukan karena aku takut, tapi tidurku menjadi  terganggu. Sebenarnya aku sangat penasaran dengan ruang dimana arah suara-suara itu berasal. Ruangan yang persis di bawah tangga itu memang tidak diizinkan untuk dimasuki. Begitu lah amanah dari pemilik rumah sebelumnya. Namun itu semua tanpa alasan yang jelas. Ayah pun ikut-ikutan melarangku masuk ke sana. Setiap kutanya mengapa, ayah tak bisa menjawab. Sifat penasaranku semakin menjadi-jadi. Aku ingin mengetahui ada apa di dalam sana.

Malam itu  kuputuskan  memasuki  ruangan  secara diam-diam. Persis saat semua sudah terlelap. Dengan berbekal sebuah senter besar dan balok kayu, aku berjalan perlahan-lahan menuju ruangan tersebut. Sesampai  di depan pintu, aura mistik menyerbuku. Tiba-tiba keringat dingin bercucuran di tubuhku. Namun,  keinginanku untuk masuk ke ruang itu begitu besar. Tanpa berpikir panjang lagi tanganku sudah menyentuh pegangan pintu. Ternyata pintunya tidak terkunci. Kubuka pintu pelan-pelan. Terdengar suara gesekan engsel yang sudah tua dari balik pintu. Tidak sampai satu menit aku telah berada di dalam ruangan.

Gelap menyambutku. Segera kunyalakan senter. Aku menerawang sekeliling ruangan. Kotor, berdebu, berantakan. Bau kayu-kayu meja dan lemari yang sudah lapuk begitu menusuk. Entah sudah berapa lama ruangan ini tidak dijamah. Aku mencari-cari saklar di dinding ruangan. Lama baru aku mendapatkannya. Ternyata lampunya masih bisa menyala. Mataku langsung tertuju pada sebuah piano hitam yang terbuka.  Memang malam ini aku belum mendengar suara dentingan piano.

Aku berjalan sedikit demi sedikit mengintari ruangan yang dipenuhi debu. Aku melihat ada sebuah lukisan seorang gadis  berukuran besar. Dengan menggunakan gaun berwarna merah  dan rambut yang hitam,  gadis itu terlihat sangat anggun. Wajahnya yang teduh, benar-benar memikat siapa saja yang melihatnya.Tak terasa tujuh menit sudah aku memandangi lukisan itu. Tiba-tiba aku merasa aneh. Dari tadi aku melihat semua barang di ruangan ini berdebu, namun lukisan ini seolah masih baru. Tak berdebu, tak kusam. Dan aku pun tak berani mengambil kesimpulan. Keheningan yang mencekam telah mampu meretakkan keberanian. Tapi kucoba buang jauh-jauh semua perasaan itu. Aku masih ingin tahu lebih banyak tentang ruangan ini. 

Kali ini kakiku melangkah menuju sebuah lemari. Aku mencoba membukanya. Tiba-tiba…..brakkk,,, suara pintu lemari jatuh. Ternyata pintunya sudah copot. Aku yang tadi sempat terkejut pun tersenyum kecut melihat kondisi lemari yang rusak ini. Di dalamnya kudapati berbagai macam pakaian dan gaun yang sudah sobek di sana-sini. Di sana juga ada sebuah kotak mirip kotak perhiasan. Kuambil kotak itu lalu kubuka. Di dalamnya hanya terdapat kertas-kertas dan beberapa buah  foto. Kuperhatikan satu-satu kertas dan foto tersebut, namun  tiba-tiba aku merasa seperti ada yang mengawasi. Mataku kembali menerawang sekeliling ruangan. Dan tak ada siapa-siapa di sana, kecuali aku.

Aku kembali melihat isi dari kotak tersebut. Kertas-kertas itu begitu berdebu. Beberapa tulisannya sulit untuk aku baca. Aku mencoba melihat-lihat foto yang sudah tampak kusam. Tanganku bergetar saat aku melihat foto kelima.  Aku melihat wajah yang sangat kukenal di sana, Ulfa,  saudara kembarku. Dan foto keenam adalah foto diriku. Jantungku seolah berhenti. Aku tak tahu harus berbuat apa. Ingin rasanya lari meninggalkan ruangan ini. Terlambat, ketakutan lebih duluan menyapa. Aku belum pernah merasa takut sehebat ini. Dan tiba-tiba dentingan piano itu terdengar sangat jelas.

Aku berlari ke arah piano. Betapa terkejutnya diriku saat kudapati ada bekas jari di touch piano. Aku melihat ke kiri dan ke kanan, mencari siapa yang membunyikan piano. Tiba-tiba mataku tertuju pada sebuah kalung  yang tergantung di salah satu sisi  dinding kamar. Aku sangat mengenal kalung tersebut. Ya, itu kalung Ulfa. Dan aku pun juga memilikinya. Ibu sengaja membuat kalung yang sama untuk kami berdua. Tapi kenapa kalung itu ada di sana? Saat aku ingin mengambilnya, kepalaku seperti dihantam sebuah benda keras.  Aku pun terjatuh ke lantai dengan kepala mengeluarkan darah. Kepalaku begitu berat dan aku mulai merasakan pusing yang sangat.  Namun,  dengan  sisa-sisa kekuatan aku sempat melihat orang yang telah memukulku. Dia mirip sekali dengan gadis yang aku lihat di lukisan tadi. Bahkan gaun yang ia gunakan pun sama. Begitu banyak darah yang keluar, hingga aku  tak sanggup lagi menahan rasa sakit. Sampai akhirnya aku merasa sekelilingku begitu gelap. Aku tak tahu apa yang terjadi selanjutnya.  

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Memberi komentar,saran dan kritik untuk kemajuan di blog ini di kolom komentar bawah ini :